Kamis, 09 Juni 2011

NQ Trans: Usaha Antaran Anak Sekolah yang Berawal dari Sayang Anak

Oleh Wahyu Chandra

Salah satu usaha jasa di sektor pendidikan yang prospeknya cukup menjanjikan adalah usaha jasa mobil antar anak sekolah. Di sejumlah daerah kebanyakan usaha ini merupakan jasa pelayanan sekolah atau pemerintah daerah. Kebanyakan pula lebih banyak dalam bentuk motor taxi atau antaran melalui sepeda motor.

Salah satu usaha antaran anak sekolah yang kini tengah berkembang adalah NQ Trans, yang beralamat di Kompleks Anggrek Minasa Upa, Taman Rianvina blok TR 8 No. 19, Makassar. NQ Trans kini memilik 25 pelanggan tetap dengan dua armada mobil antaran.

Menurut Direktur NQ Trans, Andi Wewarni, awalnya menjalankan usaha ini secara tidak sengaja, dalam hal ini ia mengalami kesulitan mengatur jadwal antar-jemput untuk anak-anaknya.

“Awalnya saya dan suami cukup kerepotan dalam hal antar-jemput anak-anak kami sekolah. Terkadang waktu kami kadang berbenturan dengan kegiatan lain. Lalu kami mencoba bergantian untuk mengantar anak kami sekolah. Tapi ini tidak menolong, terkadang waktu kami terbuang percuma di jalan. Sampai-sampai pekerjaan lain terbengkalai. Lalu kami mencoba mengikutkan anak kami pada bus antar jemput siswa yg ada waktu itu. Ini juga tidak berlangsung lama, karena anak kami merasa kurang nyaman,” ungkap Wewarni.

Menuju Sekolah (Foto: Koleksi Wewarni)

Wewarni kemudian membeli mobil baru yang khusus untuk keperluan anak-anaknya (sekolah, les dan acara keluarga). Karena memiliki 3 anak dan sejumlah keponakan yang kadang ikut numpang ke sekolah maka ia memutuskan membeli mobil GranMax yang lebih lapang namun harganya juga lebih murah.

Setelah berjalan beberapa bulan, tidak hanya anak dan ponakannya yang ikut dalam tumpangan mobil tersebut, sejumlah tetangganya juga menitipkan anak-anak mereka. Karena merasa risih selama ini digratiskan, para tetangga ini yang mengusulkan akan Wewarni menetapkan tarif yang harus dibayarkan, minimal untuk menutupi biaya pembelian bahan bakar dan gaji sopir.

Sejak saat itulah Wewarni memulai usaha antarannya ini dengan pelanggan awal 5 orang. Saat ini NQ Trans, setelah 7 bulan kini memiliki pelanggajn tetap sebanyak 25 orang, yang berasal dari TK/SD Pertiwi, SD Komp IKIP/IKIP I, SD PEMDA Makassar.

Salah satu fasilitas yang disediakan adalah bacaan di atas mobil yang memungkinkan anak bisa mengisi waktu dengan hal-hal yang lebih berguna (Foto: Koleksi Wewarni)

“Sebenarnya banyak yang ingin menjadi members namun belum bisa kami layani karena lokasi rumahnya berbeda dengan rute kawasan yang kami layani,” ungkap Wewarni.

Area yang NQ Trans layani saat ini yaitu kawasan Minasa Upa (Syekh Yusuf, Anggrek M Upa, Hertasning, Talasalapang, Alauddin) dan kawasan sekitar sekolah sekitar Landak, Mapala, Faisal dan Perumahan Komp. IKIP.

NQ Trans memusatkan 1 armada untuk 1 area untuk memudahkan operasional sehingga anak-anak antaran mereka tidak telat tiba di sekolahnya. Minimal 15 menit sebelum bel masuk antaran sudah tiba di sekolahnya masing-masing.

Untuk tahun ajaran ajaran baru ini Wewarni mengakui akan menambah armada dan rute baru, karena sudah ada beberapa calon pelanggan yang berada dalam daftar tunggu.

Wewarni mengakui usaha jasa ini sangat menjanjikan, karena dalam waktu singkat sudah bisa mendatangkan keuntungan dan menutupi biaya tiap bulannya (BBM, gaji sopir, cicilan mobil dll). Usaha ini juga berprospek bagus karena jumlah anak sekolah dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Duh seriusnya!! (Foto: Koleksi Wewarni)
Untuk investasi awal dibutuhkan modal sekitar Rp 60 juta untuk pembelian unit GranMax baru dengan pembelian secara kredit. Dibutuhkan minimal 15 anak untuk menutupi biaya operasional usaha ini, termasuk membayar cicilan bulanan, gaji sopir, BBM dan fasilitas untuk anak. Pengembalian modal tergantung lamanya cicilan kendaraan dan kestabilan jumlah pelanggan.

“Kalau jumlah membersnya stabil, Insya Allah tahun keempat modal sudah bisa balik lagi,” aku Wewarni

Untuk biaya bulanan yang harus dibayarkan, NQ Trans menetapkan sebesar Rp.250.000,-/anak. Untuk pelanggan yang bersaudara atau serumah diberikan potongan sebesar 10% untuk anak ke-2 dan 20% untuk anak ke-3.

Untuk promosi usaha ini lebih banyak dari mulut ke mulut, dengan mengandalkan jasa teman-teman, orang tua dari pelanggan mereka dan sopirnya sendiri. Selain itu promosi juga dilakukan melalui facebook dan blog.

Persiapan pulang, Pak Sopir telah siap! (Foto: Koleksi Wewarni)
Untuk kenyamanan anak-anak, NQ Trans memberikan fasilitas seperti AC, Audio Mobil, Perpustakaan mini, Aneka mainan Edukatif, Door Prize setiap bulan dan snack yang diberikan 2 kali seminggu.

“Kami memberikan door Prize berupa 1 buah buku edukatif untuk 1 anak setiap bulannya. Hal ini dimaksudkan untuk memberi motivasi kepada mereka untuk lebih giat belajar,” ungkap Wewarni.
Selain itu NQ Trans juga menyediakan guru privat untuk membantu anak-anak dalam belajar.

Sejak menjalankan usahanya Wewarni mengakui selama ini belum pernah menerima komplain dari members NQ Trans. Kendala yang kadang dihadapi adalah antara lain terkadang saat dijemput ada anak yang belum siap. Terkadang juga ada anak yang diantar atau dijemput oleh orang tuanya tanpa pemberitahuan kepada NQ Trans. Selain itu ada yang berkeliaran sehingga menyusahkan sopir untuk menemukannya.

Selain itu yang dinilai cukup merepotkan adalah jika sopirnya berhalangan masuk atau kendaraan dalam perawatan berkala. Jika hal ini terjadi NQ Trans tetap melayani members seperti biasanya dengan mempergunakan kendaraan pribadi.

1 komentar: