Selasa, 15 Maret 2011

Six Degress of Kevin Bacon


Berapa banyakkah lingkungan dimana anda biasa beraktivitas? Berapa banyak institusi dimana anda berada dan manjadi bagian penting di dalamnya? Berapa luas jangkauan jaringan institusi itu? Berapa banyak teman anda di facebook ataupun twitter yang anda kenal dan tidak?
Banyaknya lingkungan aktivitas serta luas lingkup aktivitas itu akan menentukan seberapa banyak jejaring yang terhubung dengan diri Anda. Masih terkait dengan konsep Six Degrees of Separation, terdapat sebuah game yang bisa menjelaskan bagaimana sistem ini bekerja. Game ini disebut Six Degress  of Kevin Bacon.
 Gagasan dari game ini adalah bagaimana menghubungkan seorang aktor atau aktris, melalui film yang mereka bintangi, sampai ke aktor Kevin Bacon tak lebih dari enam langkah. Maka misalnya, O.J.Simpson pernah bermain dalam Naked Gun bersama Priscilla Presley, yang pernah bermain dalam Ford Fairlane bersama Gilbert Gottfried, yang pernah bermain dalam Beverly Hills Cop II bersama Paul Reiser, yang pernah bermain dalam Diner bersama Kevin Bacon. Itu empat langkah. Mary Pickford pernah bermain dalam Screen Snapshot bersama Clark Gable, yang pernah bermain dalam Combat Amerika bersama Tony Romano, yang tiga puluh tahun kemudian, bermain dalam Starting Over bersama Kevin Bacon. Itu tiga langkah.
Seorang ilmuan komputer dari Virginia bernama Brett Tjaden pernah dengan serius mencoba menghitung berapa langkah rata-rata untuk seperempat juta aktor dan aktris, baik di film televisi maupun yang dapat dihubungkan dengan Kevin Bacon. Angka yang didapatkannya adalah 2,8312 langkah. Dengan kata lain, siapapun yang pernah berakting dapat dihubungkan dengan Kevin Bacon kurang dari tiga langkah. 
  Tjaden selanjutnya melakukan kalkulasi untuk mencari rata-rata derajat keterhubungan bagi setiap orang yang pernah berakting di Holywood. Sebagai contoh, berapa langkah rata-rata yang diperlukan untuk menghubungkan setiap orang Holywood dengan Robert DeNiro atau Shirley Temple atau Adam Sandler? Tjaden menemukan bahwa ketika ia menyusun daftar semua aktor Holywood berdasarkan urutan keterhubungan mereka, peringkat Kevin Bacon hanya ke-669. Yang termasuk dalam limabelas besar antara lain: Robert Mitcum, Donald Sutherland, Shelly Winters, dan Burgess Meredith. Sedangkan aktor dengan keterhubungan paling baik sepanjang waktu adalah Rod Steiger.           
Mengapa Kevin Bacon berada jauh sekali dibanding aktor-aktir tadi? Salah satu alasan utama adalah karena Kevin Bacon jauh lebih muda dari sebagian aktor tadi sehingga film yang dibintanginya lebih sedikit. Namun itu bukan alasan utama, karena banyak aktor dengan jumlah film yang dibintanginya terhitung banyak namun memiliki keterhubungan yang rendah. Misalnya John Wayne, yang telah membintangi 179 film dalam enam puluh tahun kariernya namun ia Cuma berada di peringkat 116, pada 1,7173 langkah. Masalahnya adalah lebih dari separuh film Wayne adalah film Western, yang berarti ia membintangi film sejenis dengan aktor-aktor yang sejenis dengannya berulang-ulang.
Bagaimana dengan Rod Steiger, yang menempati peringkat pertama? Ia telah membintangi film-film besar seperti pemenang Oscar On the Waterfront dan film-film tegang seperti Car Pool. Ia memenangkan Oscar untuk perannya dalam In The Heat of the Night, selain pernah bermain dalam film-film biru di ekstrem lain yang hanya beredar di video. Ia pernah memerankan Napoleon, Pontius Pilatus dan Al Capone. Ia pernah bermain dalam 30 judul drama, 12 film tentang kejahatan dan komedi, sebelas film thriller, delapan film aksi, tujuh film western, enam film perang, empat dokumenter, tiga film horor, dua film ilmiah, sebuah film musik dan sebagainya. 
Rod Steiger pada akhirnya menjadi aktor dengan keterhubungan tebaik dalam sejarah karena ruang geraknya yang begitu luas, ke atas, ke bawah, ke kiri, ke kanan, ke muka, ke belakang, ke berbagai dunia, subkultur, gaya hidup, tingkat hidup berbeda-beda yang ditawarkan oleh profesinya sebagai aktor.
           Dengan demikian, sebasgaimana dikatakan di awal, banyaknya lingkup dan ruang aktivitas serta luasnya jangkauan dari aktivitas itu akan sangat menentukan kita dalam kaitannya dengan keterhubungan dengan lebih banyak orang di dunia ini.
Mengapa keterhubungan dengan orang lain menjadi penting? Tentu saja ini adalah modal utama dalam rangka aktivitas kita, karena dalam abad informasi ini kekuasaan tidak lagi semata terletak pada sebarapa banyak kekayaan dan kuasa yang dimiliki, namun yang paling utama adalah seberapa luas jaringan sosial yang kita miliki.
 Pemahaman yang baik akan perluasan jaringan ini menjadikan kita semakin bijak dalam berinteraksi dengan orang lain, karena kita selalu menjadikan orang lain dalam posisi penting, sebagai bagian yang tak terpisahkan dari diri kita. Dengan pemahamanan yang baik akan hal ini maka tak ada lagi tindakan-tindakan kita yang menyepelekan keberadaan orang lain di sekitar kita, karena bisa jadi dia adalah ‘simpul’ yang penting bagi eksistensi kita di dunia ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar